24 September 2021

Dasar-Dasar Ilmu Hukum

Pengertian dan batasan ilmu hukum positif Menurut G Radbruch dalam Rechts philosophieadalah ilmu tentang hukum yang berlaku di suatu negara atau masyarakat tertentu pada saat tertentu atau disebut sebagai ius constitutum , (bukan ius constituendum atau ius naturale atau natural law.) Sebagai reaksi dari adanya ratio scripta. sebagai reaksi dari natural law yang berasal dari wahyu Ilahi. Sebagai koreksi bagi kita ,pendapat itu adalah salah . Ilmu di dunia ini hanyalah bagaikan setetes air dari lautan yang Obyek yang diaturnya sekaligus menjadi subyek (pelaku), sehingga metode keilmuan yang dipakai adalah metoda keilmuan humanities (humaniora) yang dinamakan juga geisteswissenscaften, mempunyai konsekuensi metodologi dan kausalitas pragmatis yaitu benar sesuai dengan consensus Hukum positif tidak menggunakan metode ilmu pastialam/naturwissenschaften. Jurist sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor, misalnya adanya alasan pemaaf, alasan pemberat hukuman. Arti &Tujuan Hukum
Individu, masyarakat dan hukum. Manusia sebagai makhluk social didalam melakukan hubungan di masyarakat, kadang timbul pertikaian, sehingga diperlukan Hukum.
Arti / definisi Hukum
Van Apeldorn Hukum adalah himpunan peraturan ( perintah – larangan), yang mengurus tata tertib suatu masyarakat dan karena itu harus ditaati oleh masyarakat itu sendiri.
Soedjono Dirdjosisworo, : Hukum dalam arti ketentuan penguasa , hukum dalam arti para petugas, hukum dalam arti sikap tindak, hukum dalam arti system kaedah/ norma ( yang meliputi kaedah agama  (sebagai sumber kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa), norma kesusilaan / budi sebagai sumber moral, norma kesopanan / fatsoen  sebagai sumber keyakinan masyarakat yang bersangkutan dan norma hukum, hukum dalam arti jalinan nilai, hukum dalam arti tata hukum dan hukum dalam arti ilmu hukum.
Unsur- Unsur Hukum Ø Peraturan mengenai tingkah laku manusia dalam pergaulan masyarakat; Ø Peraturan itu diadakan oleh badan – badan resmi yang berwajib; Ø Peraturan itu bersifat memaksa; Ø Sanksi terhadap pelanggaran peraturan tersebut adalah tegas.
Ciri hukum Ø Perintah larangan  kontradiksi Ø Izin  x dispensasi Ø Melakukan sesuatu x Tidakmelakukan  sesuatu

Sifat Dan tujuan hukum
Sifat hukum Biasanya dalam hukum privat adalah mengatur dan dalam hukum publik , memaksa
Tujuan / fungsi hukum Keadilan dapat dicapai melalui keteraturan, ketertiban, kepastian QS Al  Maidah : 8 :
Hai orang-orang yang beriman, hendaklah kamu berdiri karena ALLAH, menjadi saksi dengan keadilan, janganlah kamu tertarik karena kebencian mu kepada satu kaum, sehingga kamu tidak berlaku adil. Berlaku adillah, karena keadilan itu lebih dekat kepada taqwa dan takutlah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa apa yang kamu kerjakan.