24 September 2021

JURUSAN ILMU HUKUM

Deskripsi Jurusan

Jurusan Ilmu Hukum mempelajari berbagai sistem hukum yang berkaitan dengan kehidupan kemasyarakatan maupun kegiatan bisnis. Di Ilmu Hukum, Quipperian juga belajar mengenai perundang-undangan termasuk di dalamnya hukum dasar (konstitusi, hukum perdata, hukum dagang, hukum tata negara, hukum pidana, hukum tata pidana) hingga hukum internasional dengan cakupan yang cukup luas.


Pengetahuan dan Keahlian

  • Kemampuan menghafal
  • Kemampuan berpikir kritis
  • Kemampuan berpikir logis
  • Kemampuan menganalisis
  • Kemampuan menyelesaikan masalah
  • Kemampuan mengutarakan pendapat secara lugas
  • Komunikatif

Dunia Perkuliahan

Jurusan Ilmu Hukum bisa dikatakan sebagai jurusan favorit di rumpun sosial humaniora. Bahkan, hampir seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia menawarkan jurusan Ilmu Hukum. Daya tampung yang ditawarkan oleh Perguruan Tinggi di tiap tahun umumnya sangat besar. Jadi, peluangmu untuk menjadi mahasiswa di kampus impian dan diterima kuliah di jurusan Ilmu Hukum cukup tinggi.

Semua yang kamu pelajari di jurusan Ilmu Hukum selama 4 tahun atau 8 semester sampai akhirnya meraih gelar Sarjana Hukum, terpusat pada praktek hukum dan tata peraturan perundang-undangan. Kamu akan banyak melakukan kajian terhadap berbagai kasus hukum baik secara yuridis maupun normatif. Di jurusan ini kamu juga akan dibentuk sebagai seseorang yang memiliki keberanian. Hal ini mengingat kamu terbiasa untuk menyelesaikan berbagai kasus hingga mentalmu menjadi tangguh. Pembawaanmu pun tak jarang berubah menjadi tegas, tapi bukan berarti mahasiswa Ilmu Hukum itu galak ya, Quipperian.

Mata kuliah yang akan kamu temui di jurusan Ilmu Hukum antara lain Hukum Pidana, Hukum Perdata, Hukum Tata Negara, Hukum Administrasi Negara, Hukum Agraria, Hukum Perdagangan, Hukum Adat, Hukum Internasional, Hukum Waris, Hukum Lingkungan, Hukum dan Hak Asasi Manusia, dll. Selama kuliah, Quipperian juga akan dibekali dengan pelatihan paralegal dan praktek kemahiran litigasi.